nusakini.com - Internasional - Pelaku bom bunuh diri meledakkan bahan peledak di dekat pos pemeriksaan keamanan di daerah Pakistan yang sedang bergolak. Ia menewaskan paling tidak tiga tentara dan melukai 15 orang lainnya.

Penyerang tersebut mendatangi pos pemeriksaan yang dijaga oleh paralimiter Korps Perbatasan di Jalan Quetta-Mastung, 25km dari Quetta, ibukota provinsi Balochistan.

Pelaku bom bunuh diri yang mengendarai motor dan membawa 6kg bahan peledak tersebut dengan sengaja menabrak salah satu kendaraan yang sedang berkonvoi, menurut petugas polisi Azhar Akram pada hari Minggu (5/9).

Ia mengatakan beberapa dari korban luka berada dalam kondisi kritis dan jumlah korban tewas bisa saja bertambah. Ia juga mengatakan potongan tubuh ditemukan di sekitar pos pemeriksaan setelah bom meledak.

Kelompok bersenjata Pakistan Taliban yang dilarang oleh pemerintah dan dikenal dengan akronimnya, TTP, mengatakan mereka bertanggung jawab atas penyerangan tersebut.

Ini adalah pertama kali TTP mengakui penyerangan terhadap pasukan keamanan Pakistan sejak Taliban, organisasi yang berbeda, mengambil alih negara tetangga Afghanistan.

TTP, yang memperbarui kesetiaannya kepada Taliban Afghanistan setelah jatuhnya Kabul, baru-baru ini meningkatkan kampanyenya melawan tentara Pakistan.